Mengantar Angin, Membelenggu Sepi

TARIAN SUARA JIWA ; AMBILLAH JIWA DARI JIWA

KUMPULAN PUISI YOHANIS LANDI
----------------------------------------------------------
Semuanya adalah kumpulan syair-syair Suara Hati yang bangkit dari Jiwa YOHANIS LANDI.
Lahir dan Hidup dalam Belaian Angin Savana, Jauh di Paraing Marapu, Tanah Para Arwah.
Di Kampung halaman terindahku Lewa, Sumba Timur - NTT.
______________________________________________

Senin, 08 Februari 2010

FILOSOFI BUNGA

AKU mengambil contoh 2 jenis bunga; Teratai & Mawar.

Ada apa dibalik Rahasia bunga?

Bunga bisa memberi kedamaian, kenyamanan, kebahagiaan bagi setiap hati... bunga itu memiliki kekuatan maha dasyat, dapat merasuki kalbu dengan lembutnya, lewat keharuman dan keindahannya.

Teratai...
Teratai tak akan indah bila dia tidak bertempat tumbuh pada rawa-rawa, atau kolam yang berlumpur. Keindahan teratai terletak saat berada diantara bau dan pekatnya lumpur. Keindahan teratai dapat menjadi contoh kehidupan nyata manusia yang penuh dengan kesesatan dan kekotoran jiwa... Karena kekotoran itu mestinya dapat pula dirubah menjadi indah. Yaitu apabila manusia berusaha membersihkan hatinya dengan melahirkan sikap dan perbuatan harum ditengah-tengah kehidupan manusia yang sering dinamis dan melahirkan konflik kepentingan. Membangun sikap hidupnya lewat perbuatan dan kemauan utk berubah menjadi baik serta humanis. Berusaha untuk menghidupkan hati dan jiwa bagaikan upaya keharuman dan keindahan kembang teratai di antara lumpur.

Mawar... Mawar menjadi semakin indah ketika dia terpadu dengan duri-duri yang dimilikinya. Duri-duri ini adalah contoh dari kerikil-kerikil yang seringa ada dalam kehidupan manusia. Duri-duri sebagai tantangan-tantangan yg sering melingkupi hati manusia, yang bila kita terjebak didalamnya, maka akan melahirkan luka yang perih, menyakitkan. Kita dapat menjadi baik dan berarti dalam hidup kita, minimal bagi diri sendiri dan lebih luas bagi sesama manusia dan alam lingkungan disekitar kita. Hal itu dapat terwujud apabila kita memiliki keinginan kuat dan konsisten untuk selalu melahirkan perbuatan-perbuatan positif ibarat lahirnya kembang mawar yang indah nan harum diantara duri-durinya (diantara duri-duri hidup kita manausia). Bila kita dapat mencapainya, ahhh... alangkah sungguh indahnya semua kehidupan kita, seperti filosifi mawar tersebut. Aku heran dengan kehidupan kebanyakan dari kita manusia. Mengapa ada banyak menyimpan pesimistis dalam hidup kita,? Kalau disadari bahwa Tiada kehidupan manusia tanpa tantangan, walau itu tantangan minimalis sekalipun. Tiada kehidupan tanpa kedukaan, penderitaan, rasa sakit, kekecewa. Namun kehidupan kita manusia juga ada banyak tempat dan penuh ersimpan dengan kedamaian, kebahagiaan dan untuk mendapatkan itu semua, maka itu ada dalam diri, dalam hati kita. Dimana semua itu ada tersembunyi dalam jiwa, dalam hati kita. Semua itu selalu ada dalam diri kita secara alami sebagai alat keseimbangan jiwa, dan hal itu sebagai energi positif. Tergantung bagaimana kita mampu membangkitkan energi positif itu. Kondisi ini memang tidak gampang bagi kita untuk dengan mudah dapat membangkitkannya dari dalam hati kita, agar ada kemauan kuat untuk membangkitkan energi positif itu.

Jangan ada lagi keterasingan jiwa dari jiwa kita sendiri. Aku berharap selalu ada bahagia dalam diri, tidak merasa sepi, tidak merasa seolah tiada walau kita ada... karena masih ada bintang, masih ada bulan, masih ada sejuknya embun untuk berbagi. Puisi dg judul "terjebak sepiku" yang pernah ada, dimana kuciptakan adalah sebagai peringatan hati untuk hati kita manusia tidak terjebak sepi lagi...

1 komentar:

  1. Hiduplah sebagai keindahan bunga dalam kehidupan kita sehari-hari. dalam kehidupan kita dengan sesama manusia dan bersama alam...

    BalasHapus